Email: info@universitaskorea.com

Kehidupan di Korea Selatan


Kepopuleran Korea Selatan ini sedang meningkat di kalangan pemuda Indonesia. Tak hanya dari segi hiburan dan budaya, tetapi dari segi pendidikannya pun kini mulai banyak peminatnya. Tidak kalah dengan negara-negara di Eropa, Korea Selatan menawarkan kualitas pendidikan dan hidup yang baik bagi mahasiswa internasional.

Selain itu, standar pendidikannya pun kini sudah sangat maju. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya universitas di Korea yang masuk ke dalam daftar universitas terbaik di dunia.

BIAYA HIDUP

  • Tempat tinggal, rata-rata biaya kos atau sewa tempat tinggal di Korea Selatan berkisar mulai dari 250.000 Won untuk satu bulan.
  • Biaya transportasi di Korea umumnya menghabiskan 1.200 – 1.400 Won untuk sekali perjalanan, untuk naik line atau subway bisa menggunakan kartu yang harganya lebih murah dan bisa dipakai berulang-ulang sesuai dengan jumlah saldo

DISIPLIN YANG TINGGI

Persaingan yang ketat dan tinggi membuat orang-orang di Korea sangat rajin dan punya disiplin yang tinggi. Maka jangan heran jika mahasiswanya sangat fokus pada saat belajar karena mereka menganggap waktu sangatlah berharga dan sayang jika hanya digunakan untuk main-main. Positifnya, kamu akan tertular semangat dan kebiasaan disiplin mereka ketika berkuliah disana.

SIKAP SALING MENGHORMATI

Sama seperti di Indonesia, kehidupan masyarakat di Korea sangat menjunjung tinggi sikap saling menghormati terutama pada orang yang lebih tua. Bedanya jika berkuliah di negara Barat, disini kamu harus membiasakan diri untuk hormat kepada orang yang lebih tua dengan panggilan yang sopan. Seperti sebutan guru “Seonsaengnim”, jika kamu pria maka panggil senior atau orang yang lebih tua darimu dengan sebutan “Hyung”, jika kamu wanita panggil dengan sebutan “Oppa”. Sebutan ini digunakan pada orang yang sudah akrab atau sudah dikenal.

Beda lagi jika memanggil orang yang tidak dikenal. Kamu harus memanggil nama mereka dengan gelar tertentu. Umumnya panggilan sopan yang paling sering digunakan adalah “Ssi” atau “Nim. Contohnya:

  • Rudi-ssi atau Rudi-nim

Ketika kamu sudah bisa menghormati dan menghargai orang lain, maka orang-orang Korea pun akan melakukan hal yang sama terhadapmu.

BAHASA KOREA

Umumnya tempat makan, nama jalan, atau nama tempat ditulis dalam huruf Hangeul. Sehingga mau tidak mau, minimal kamu perlu mengetahui Bahasa Korea dasar untuk mempermudah aktivitasmu. Tetapi, jangan khawatir karena saat ini sudah banyak anak muda dan mahasiswa di Korea yang lancar berbahasa Inggris. Hanya saja, kamu masih perlu menggunakan Bahasa Korea untuk berbicara dengan orang tua.

KERJA PARUH WAKTU

Tidak sedikit mahasiswa yang belajar di Korea Selatan, termasuk mahasiswa Indonesia yang bekerja paruh waktu untuk bisa bertahan hidup selama di Korea sambil berkuliah. Umumnya, syarat utama yang harus dipenuhi agar bisa bekerja paruh waktu di Korea adalah bisa menguasai Bahasa Korea. Bayaran kerja paruh waktu di Korea lumayan tinggi sekitar Rp60 – 70 ribu per jam dan mengalami peningkatan tiap tahunnya.

LINGKUNGAN YANG NYAMAN DAN BERSIH

Lingkungan di Korea bisa dibilang sangat bersih karena warganya sangat menjunjung tinggi kebersihan. Selain itu juga nyaman karena tidak ada pedagang yang jualan di trotoar atau jembatan, moda transportasi yang memadai dan penunjuk arah yang lengkap.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
%d bloggers like this: